Menu Ta’jil Khas Bulan Ramadhan Dari Berbagai Negara

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr +

Berbuka puasa tentunya menjadi suatu yang dinanti-nantikan setelah seharian penuh menahan lapar dan dahaga. Dan tentunya ada menu-menu khusus yang akan disantap ketika buka puasa ini dimana menu-menu tersebut tidak akan dijumpai selain bulan Ramadhan saja.

Di negara kita yang kaya akan kuliner ini, banyak sekali hidangan-hidangan khas untuk berbuka yang hanya dapat dijumpai ketika bulan puasa. Namun ternyata bukan Indonesia saja yang memiliki tradisi Ramadhan dengan menu khas untuk berbuka puasa. Negara-negara lain juga memiliki berbagai panganan unik untuk disantap ketika jelang waktu berbuka.

Roti Pide, Turki
Muslim di Turki akan menyambut bulan Ramadhan dengan suka cita dan kebahagiaan yang luar biasa dan tentunya juga dengan hidangan berbuka puasa yang khas. Di kota-kota besar seperti Istanbul, semua restoran dan rumah makan akan berlomba-lomba melakukan penawaran khusus bagi menu untuk buka puasa selama bulan Ramadhan. Yaitu satu set menu yang dibuka dengan menghidangkan sup iftariye, roti pide (roti panggang yang khusus hanya dijual selama bulan Ramadhan), pastırma, sujuk, dan berbagai olah kue yang disebut börek. Hidangan utama terdiri dari berbagai makanan khas dari Turki terutama makanan tradisional Ottoman. Sementara pencuci mulut terkenal yang disebut “güllaç” yang terbuat dari air mawar.

Hummus, Lebanon
Ramadhan bagi umat Muslim Di Lebanon mempunyai kebahagian tersendiri untuk warga setempat, banyak sekali makanan yang dijumpai khususnya ketika jelang waktu berbuka puasa di bulan suci Ramadhan. Menu khas untuk buka puasa yang biasa dijumpai di Lebanon diantaranya mezza, tabbouleh, houmous, dan berbagai macam daging panggang. Menu-menu tersebut tentu akan terasa sangat nikmat di sajikan bersama sanak saudara ketika waktu berbuka tiba, setelah seharian menahan lapar dan dahaga menu tersebut ampuh memberikan kesan hangat pada keluarga khususnya di bulan suci ini.

Qatayef, Yordania
Orang Yordania biasa berbuka dengan mansaf dan qatayef. Mansaf adalah hidangan khas Yordania yang berupa daging domba yang dibumbui dengan rempah-rempah. Sedangkan Qatayef adalah hidangan sejenis pancake dengan kayu manis yg diisi dengan kenari dan gula. Qatayef biasanya di sajikan dengan sirup madu asli. Nah kebayangkan dengan nilai gizi yang udah pasti dapat banget setelah seharian kita menahan lapar. Menu khas ini mampu mengembalikan energi yang terbuang setalah seharian beraktivitas tanpa makan dan minum. Jika kamu jalan jalan ke Yordania jangan sampai kelewatan menu menu ini yah. Menu tersebut bukanlah menjadi menu yg sulit untuk kamu temukan ketika kamu menjajahkan ke yordania hanya saja menu tersebut terasa tidak khas ketika kamu menyantapnya bukan pada bulan suci Ramadhan.


Foul Meddames, Mesir
Negara satu ini menyimpan berjuta sejarah di dalamnya tidak hanya situs situs arkeolog, peradaban mesir kuno juga tak luput dari sejarah makanan khas Mesir, Umat Muslim di negeri piramida ini biasa berbuka dengan medames. Madames terdiri dari olahan kacang lava dengan perpaduan bumbu bumbuan khas setempat. Medames yang menjadi hidangan utama pada saat bulan Ramadhan tiba, ada juga menu lainnya yang turut menyemarakkan waktu berbuka warga mesir seperti sup molokhia yang terbuat dari daun molokhia atau Jews Mallow disertai kuah kaldu, tumisan bawang putih dan ketumbar serta resep bumbum turun menurun warga setempat. Gimana tertarik masuk kedalam peradabam zaman mesir kuno? For your information makan ini adalah salah satu makanan favoritnya Fir’aun ketika masih menjabat sebagai raja sebelum akhirnya lengser dan meninggal dunia.


Hyderabadi Haleem, India
Populasi umat Muslim di India mencapai lebih dari 130 juta. Hal ini membuat bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang ditunggu-tunggu, terutama di daerah-daerah tertentu contohnya Hyderabad. Di kota Hyderabad, menu buka puasa yang banyak dijumpai adalah Hyderabadi Haleem. Makanan ini merupakan makanan khas daerah setempat yang mirip dengan bubur gandum tradisional dengan citarasa yang pedas, gurih, dan biasanya disajikan dengan daging domba dan teh tarik sebagai penghilang dahaga.

Samosa, Pakistan
Di Pakistan, rasanya kurang sempurna jika berbuka puasa tanpa menu khas yaitu samosa. Samosa adalah makanan khas lezat yang terasa pedas dan berbentuk segitiga. Menu ini  terdiri dari cangkang kue segitiga dengan isian vegetarian yang terdiri dari kentang, bawang bombay, ketumbar, dan kacang polong. Versi isian daging juga cukup terkenal selama bulan Ramadhan, Warung-warung yang menjual hidangan samosa ini akan sangat mudah sekali dijumpai di seluruh penjuru Pakistan ketika bulan suci Ramadhan tiba.

Rooh Afza, Bangladesh
Bangladesh adalah negara sahabat Indonesia dengan penduduk hampir 70% agamanya memeluk Islam, Umat Muslim Bangladesh mempunyai beberapa menu khas yang biasanya disajikan ketika berbuka. Piyaju, beguni, jilapi, muri, halim, tanggal, samosa, dal puri, chola, dan berbagai jenis buah-buahan seperti semangka akan menjadi hidangan berbuka. Sementara minuman seperti rooh afza, apa sih rooh afzar itu,  Minuman dari sirup ini paling terkenal di Bangladesh. Rooh Afza pertama kali diracik oleh Hakeem Hafiz Abdul Majeed tahun 1907. Kini sirup ini dijual dalam kemasan botol dan diproduksi di pabrik dan dipasarkan hingga ke Pakistan.

Rooh Afza paling banyak dikonsumsi ketika Bulan Ramadhan. Umumnya minuman segar ini dinikmati dengan berbagai campuran. Warnanya yang merah segar ini menggiurkan setiap orang yang melihatnya untuk segera meminumnya.

Bagaimana tertarik untuk mencoba salah satu menu dari negara negara sahabat tersebut?

 

449 total views, 3 views today

Share.

Leave A Reply

1
Hai teman, Yuk Ikutan Workshop Cara Mencari Uang di Social Media Bersama Ahlinya Langsung
Powered by