UMKM Indonesia bersama Bintang Research mengadakan workshop atau pelatihan bertajuk “Memahami Kebutuhan Pelanggan Melalui Riset Pasar (Riset Produk Baru/Pengembangan Produk)”.  Workshop yang digelar setengah hari full ini ditujukan untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada rekan-rekan UMKM agar mereka dapat merancang dan melakukan riset untuk produk baru/pengembangan produk.  Workshop ini diselenggarakan secara gratis di Apindo, Gedung Permata Kuningan Lt.10, Jl. Kuningan Mulia Kav. 9C Jakarta Selatan, dihadiri sebagian besar oleh para pelaku umkm.

Narasumber dalam workshop ini adalah dua orang praktisi riset pasar, yakni ibu Any Agustri selaku founder Bintang Research dan bapak Muh. S. Wahyu selaku co-founder dan CEO dari Bintang Research.  Bintang research adalah perusahaan yang bergerak dibidang riset pasar dan marketing.

Dalam workshop ini dipaparkan mengenai  hal-hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan atau mengembangkan produk baru yaitu memehami kebutuhan dan keinginan pelanggan, menganalisis kompetitor langsung dan tak langsung, melakukan survey perilaku konsumen hinggga melakukan test produk.

Memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan dapat dilakukan dengan cara mengenali dan memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui survey kualitatif untuk mendapatkan informasi yang akan dijadikan sebagai landasan pertimbangan dalam mengambil keputusan produk apa dan bagaimana yang akan dikembangkan.

Selanjutnya, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah mengamati kompetitor. Mengamati kompetitor tidak selesai pada jurus ATM (Amati, Tiru, Modifikasi). Masih ada banyak hal lain yang perlu diperhatikan setelahnya. Pengamatan tidak cukup berhenti di kompetitor. Hal yang harus juga menjadi fokus adalah perilaku belanja konsumen. Inilah salah satu jawaban atas pertanyaan kenapa jurus ATM atas kompetitor kadang tidak ampuh membuat produk menjadi laris manis.

Setelah pemaparan materi yang dilanjutkan sesi tanya jawab, workshop ditutup dengan sesi praktek. Pada sesi praktek ini peserta workshop diminta untuk menganalisa bisnisnya masing-masing, lalu membuat design riset sederhana sebagaimana panduan dalam materi yang telah dipaparkan.

Workshop diakhiri dengan buka puasa bersama.  Workshop ini mendapat dukungan dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Tangan Di Atas (TDA) Jakarta Selatan dan Orange Room.

 

488 total views, 3 views today

[Total: 0    Average: 0/5]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here