Iklan Google Ads Indonesia Akan Dikenakan Pajak PPN 10% Mulai Oktober 2019

Iklan Google Ads Indonesia

Iklan Google Ads Indonesia

Iklan Google Ads Indonesia Akan Dikenakan Pajak PPN 10% Mulai Oktober 2019

 

Sahabat entrepreneur yang sudah biasa beriklan secara digital di media online seperti Google Ads Indonesia, Facebook dll pasti biasanya menggunakan jasa iklan tersebut tanpa dikenakan pajak bukan? Namun karena saat ini Google diwajibkan membuka kantor di Indonesia, dan pendirian PT Google sudah rampung maka mulai 1 oktober 2019 semua jasa iklan di Google akan dikenakan PPN sebesar 10% jadi misalkan sahabat memakai jasa iklan Google Ads sebesar Rp 1.000.000 akan dikenakan pajak sebesar Rp 100.000.

Pemberitahuan ini dikirimkan langsung oleh Google lewat email resmi kepada semua pengguna jasa iklan Google di Indonesia, yang menyatakan bahwa Mulai tanggal 1 Oktober 2019, Google Asia Pacific Pte. Ltd. memindahkan hak atas kontrak Anda yang terkait dengan akun Google Ads Anda di Indonesia, termasuk setiap perubahan dan perjanjian terkait (seperti Perjanjian Layanan), kepada PT Google Indonesia (PTGI), sebagai reseller. Ini berarti bahwa terhitung sejak tanggal tersebut, PTGI akan terikat dengan persyaratan kontrak dan akan menagih invoice kepada Anda atas layanan tersebut. Segera setelah tanggal pemindahan hak, Anda akan mulai menerima invoice (termasuk Faktur Pajak) dari PTGI. PT Google Indonesia diwajibkan oleh hukum untuk mengenakan biaya PPN (Pajak Pertambahan Nilai) sebesar 10% atas layanannya, sehingga Anda akan melihat biaya ini muncul sebagai item baris baru di invoice Anda mulai tanggal 1 Oktober 2019.
Pastikan bahwa NPWP, nama, dan alamat Anda yang tersimpan di akun Google cocok dengan detail pendaftaran pajak Anda. Kami tidak dapat melakukan perubahan pada invoice secara retroaktif.
Harap hubungi konsultan pajak Anda jika ada pertanyaan terkait konsekuensi pajak atas perubahan ini.

Lalu metode pembayaran ada perubahan, saat ini Google Ads Indonesia sudah tidak menerima pembayaran via American Express dan Paypal, jadi semua pembayaran dapat digunakan dengan pembayaran kartu kredit atau transfer bank lokal dan semoga saja kedepan bisa menggunakan transaksi via GoPay, Ovo atau Dana dan dompet digital lainnya agar mempermudah UKM Indonesia untuk beriklan.

Jika teman-teman membutuhkan jasa pemasangan iklan Google dan optimasinya agar lebih efisien dan juga sesuai dengan target pemasaran perusahan teman-teman, kamu bisa kontak kami, Kami menyediakan jasa digital marketing murah yang sangat terjangkau karena misi kami membantu masyarakat agar kehidupannya lebih baik lagi.

 

[Total: 1    Average: 5/5]
Leave a Comment

1
Halo ada yang dapat kami bantu?
Powered by